Monday, January 18, 2016

Apa itu Chef


Siapa yang tidak tahu apa itu Chef, mendengar kata “Chef” maka yang akan ada di benak kita adalah orang jago masak dengan kemeja putih khas, celemek dan topi tingginya.

Banyak sekali acara masak memasak yang sudah ada di Indonesia, mulai dari sekedar kompetisi, masak pake kungfu, sampe masak pake sulap ga jelas yang ga nyambung sama sekali. Dari situ muncul lah orang yang ngaku-ngaku sebagai chef anu lah chef itu lah (termasuk saya yang ngaku-ngaku hehe).

Hampir setiap ibu ibu dan anak muda (penonton dominan acara masak) yang saya tanya apa itu chef menjawab bahwa chef adalah orang-orang jago masak yang ada di tv, menurut saya itu sih selebritis namanya.

Disini saya bukan bermaksud so pintar dengan menulis artikel ini, saya hanya memaparkan apa yang saya tahu karena kebetulan saya juga berkecimpung di dunia kuliner professional, meskipun saya belum seberapa. Insha Allah artikel ini bisa memberikan wawasan anda tentang dunia juru masak dan menyimpulkan sendiri apa itu chef.

Nyatanya seorang Chef bisa di artikan sebagai kepala daput dan menjadi orang yang bertanggung jawab dalam operasional dapur.

Kata chef berasal dari bahasa Perancis yang berarti “Chief” atau ketua, istilah chef mulai digunakan di abad pertengahan oleh juru masak kerajaan Perancis untuk memanggil ketua dari dapur tersebut sebagai “chef”.

Tradisi tersebut masih berlaku sampai sekarang karena setiap juru masak di satu dapur professional selalu menyebut ketuanya sebagai chef (selain karena mereka sudah layak dipanggil chef). Kalimat “yes chef!” adalah kata yang biasa juru masak teriakan saat menerima suatu perintah.

Seiring dengan berjalannya waktu dari kata Chef mulai bergeser maknanya, orang yang baru bisa masak saja sudah bilang diri mereka adalah chef (padahal belum jadi pemimpin dari dapur manapun wkwkwk).

Padahal untuk menjadi Chef yang sesungguhnya, seseorang harus rela berjuang sangat keras. Pernahkah terfikir bagaimana pekerjaan juru masak sebenarnya?

Sebagai contoh seorang Cook Helper (tahapan paling bawah dalam hirearki juru masak) yang bekerja di hotel bintang 5 harus memotong ayam 30kg perhari, mengupas berkarung-karung asparagus, menyiapkan masakan untuk 1000 orang tamu hotel dan sebagainya. Tidak bisa berkata lelah, selalu dikejar dadline perharinya karena pelanggan mana ada yang mau makananya telat tersaji untuk mereka.

Perjalanan untuk menjadi seorang chef kurang lebih seperti itu (bahkan mungkin lebih) sampai akhirnya baru bisa menjadi Commis lalu Demi Chef barulah menjadi Chef de Partie (nanti saya post tentang tahapan dan jabatan juru masak) di tahap ini barulah seorang juru masak layak disebut chef karena sudah menjadi ketua dari kelompok juru masak di dapur professional.

Bila kita lihat Chef Juna sekarang mungkin orang orang hanya berfikir dia jago masak dan ganteng sehingga bisa mejeng di televisi, pernahkah anda tahu bahwa seorang Juna pun memulai karirnya dari bawah hanya sebagai pelayan, lalu dia mulai belajar memasak dan dan mulai meniti karir juru masak, dia sampai harus bekerja 80-90 jam perhari di awal perjuanganya.

Menjadi Chef memang terlihat enak dan tejamin, kenyataanya tidak seglamour yang terlihat, dunia bagi para juru masak adalah dunia yang keras, dibutuhkan totalitas untuk menekuni bidang ini.
Bagi saya seorang Chef adalah orang yang rela memeras keringat untuk menggapai passion yang mereka miliki yaitu memasak. Seorang Chef bisa menemukan kepuasan tersendiri saat memasak dan menyajikan makanan ke pelanggan.

Saya tahu banyak anak muda yang bermimpi untuk menjadi seorang Chef, namun masih jarang di antaranya yang mengetahui bagaimana manjadi seorang Chef di kehidupan nyata. Karena nyatanya dunia kitchen itu tidak seenak yang dibayangkan. Jangan sampai impian jadi Chef kandas di tengah jalan setelah mengetahui bagaimana dunia nyata bagi para juru masak.

Well, semoga tulisan ini bermanfaat dan membuka wawasan kita tentang juru masak, selanjutnya nanti saya akan membaha mengenai menjadi seorang Chef.

Stay Tune.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com